duidays

Udang Asam Manis Pertamaku

on 15 August 2010

Alhamdulillah senang sekali hari ini. Kemampuan memasakku semakin terasah. Ahahaha muji diri sendiri :p. Bukan, ini artinya sedang mengukur diri secara objektif apa adanya, kalau memang ada kemajuan ya diakui juga toh. Hehe..

Jadi apa yang membuatmu senang wi? Yap, aku berhasil membuat Udang Asam Manis! Ti baheula aku doyan sama udang asam manis. Dan akhirnya bisa membuat racikannya untuk yang pertama kali ini dan sukses!  Alhamdulillah. Apa parameternya? Suamikyu bilang: hm enak, rasa sausnya beda. Aheu aheu aheu. Soalnya dia mah terbilang jujur. Kalau ada yang kurang enak, misal kurang asin, dia bakal bilang. Sebenernya pengen dibilang masakanku enak terus sih hihihi.. tapi ya betul juga sih apa adanya, biar jadi masukan untukku, toh aku memang masih pemula dalam urusan perdapuran.

Inilah salah satu hikmah dari pernikahan. Yaitu meningkatkan skill memasak. Benar kata kakakku, jangan khawatir kalau kita mau menikah dan belum bisa masak. InsyaAllah secara alamiah kemampuan itu akan terbentuk seiring dengan waktu. Terlebih ketika kita tidak satu atap dengan orang tua. Mau tidak mau kita jadi bertanggung jawab kan supaya dapur mengepul.

Jadi bagaimana resep membuat udang asam manis? Ini dia, aku juga ngutip dari resep di internet (www.dapurmbakyu.ch) dengan sedikit modifikasi:

Bahan: 1/2 kg udang dibersihkan, direndam dengan air asam dan garam, goreng. Kalau mau pake tepung roti juga bisa. Lebih enak

Saus: 1 buah cabe merah, 2 siung bawang putih, 3 cm jahe, 1 sdt garam, 1 sdt gula. Semua dihaluskan. Lalu campur dengan air secukupnya. Didihkan. Lalu masukkan asam (bisa cuka, tapi aku lebiih memilih asam, lebih alami) dan 1/2 sdt maizena yang dilarutkan dengan 2 sdm air. Aduk hingga matang.

Udang goreng disajikan dengan saus. Disajikan dengan tumis kangkung, makin mantep deh.. ^^

Sayang sekali aku tidak memfoto hasil masakanku. Tidak terpikir. Intinya mah enaklah.


6 responses to “Udang Asam Manis Pertamaku

  1. lesly says:

    jadi ngiler wi…
    selamat ya, udang sulawesi bikin tambah enak masakan ya🙂

    • dpujia says:

      iya lyyy.. udangnya besar. alhamdulillah dwi sudah ‘berani’ membersihkan ikan dan udang. alhamdulillah =)

      • lesly says:

        alhamdulillah… tinggal bagian nyicip nih

        dwi, blognya ganti cover mulu, kisah kehamilannya sharing dunk😀 mo studi banding, bandingin sm yg lain maksudnya^^. insyaalloh jadi bekal

      • dpujia says:

        hihi.. sebenernya banyak yang pengen dituangin ly, cuman lagi asyik aja explore tema wordpress ini… ly happy pregnant yaa..

  2. anita says:

    hihi..
    iya deh wi,percaya kok enak🙂

    *someday mo coba resepnya Dwi insyaAllah, sekarang masih ngidam gak ke dapur..doakan cepet ‘normal’ yak Wi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: