duidays

nafas pendek

on 17 May 2010

akhir-akhir ini saya jadi tidak kuat kalau tilawah banyak-banyak. tidak kuat nafasnya. jadi pendek, sering eungap kalau kata orang sunda. kenapa ya? apa efek menggemuknya badan? atau kurang olahraga? atau dua-duanya? saya jadi tidak bisa berlama-lama tilawah qur’an. hm, padahal biasanya juga jarang lama-lama tuh..  koreksi tah!

untuk nambah-nambah, akhirnya saya dengar murattal qur’an dari winamp. tapi kalau mendengarkannya sambil mengerjakan pekerjaan yang lain, sama saja bohong ya.. =(. murattal kemana, pikiran dan hati saya juga kemana. tidak sadar apa yang sedang dibaca.

selain itu, saya juga jadi lebih sering ngos-ngosan kalau jalan jauh. cepat lelah. haduh, meuni bareurat.

apakah saya harus latihan pernafasan? *halah


14 responses to “nafas pendek

  1. anitafrahmat says:

    ya wi,ikut senam ibu hamil aja🙂

    • dpujia says:

      hm, katanya senam hamil itu dimulai setelah kehamilan 7 bulan, nit.. 4 bulan lagii.. ^^ insyaAllah

  2. lesly says:

    olahraga teratur dwi..
    ini tips suami, supaya bs tiap hari di rumah 10-15 menit sampai rada ngesang .. :
    1. ayun tangan lurus ke depan samping
    2. bending 5×5 kali, jeda nafas dl
    3. push up menghadap dinding 5×5 kali
    4. lari2 kecil 3 menitan
    5. bisa lanjut sampe sit up cewe atau back up

    semoga lancar ya wi. kabar2i juga, kali aja bisa tukeran tips😉

    • dpujia says:

      wow punya suami atlet mah beda. sehat terus nih ly😉.

      lyy.. maenya bending ly. buat bumil naik turun tangga aja jgn terlalu sering. trus sit up n bending.. hwaa.. kasian dede bayinya..

      mm..no 1&3 kayaknya msh mungkin. sama jalan-jalan santai aja lah ya ly.. hihi nawar.

  3. Agung says:

    Berat atau pendek, wi? Ada hubungan dengan stres, mungkin? (psikologis mempengaruhi fisik)

    • dpujia says:

      iya kali ya.. mungkin masa adaptasi di trimester pertama. y begitulah..😀

      nafas berat atau nafas pendek ya? sepertinya sih nafas pendek, krn berpengaruhnya pd fisik, jd cepat lelah. kalo nafas berat kayak yg mengeluarkan hembusan nafas stlh memikirkan sesuatu yg berat. hehe meureun.

  4. lesly says:

    hehe, mestinya gitu klo rutin, sempat kena flu juga🙂
    oiya, sebenernya 5 kali sehari masing2 juga gpp wi… dimodif aja

    jaga kesehatan

  5. ulyaran says:

    Hai Hai Dwi🙂

    kl kemarin berbagi tips keuangan..
    sekarang tips kesehatan buat BuMil..

    Olahraga yang aman untuk buMil adalah Yoga dan renang.. Renang tuh bagus untuk melatih pernapasan loh.. dan latihan pernapasan tuh sangat diperlukan agar lancar ketika melahirkan.

    Tapi, satu hal.. jangan capek capek yaa.. jangan tll di push, ajak suami.. biar bisa ngontrol olahraga kita dan biar tambah romantis, *halah..

    Jalan santai lebih dipersering ketika sudah trimester ketiga.

    oia, jangan lupa ikutan milis2x utk buMil dan utk perawatan anak, disana bisa lebih banyak share lagi.

    Happy pregnancy, Ukh😀

    • dpujia says:

      hai ulya.. =)
      wah senangnya dapet tips lagi. renang ya.. seru juga kayaknya, dah lama ga renang. kalo bawa suami, renangnya di tempat umum dong ya.. hehe gararetek. mudah2an kalo dah netap tinggalnya, punya rumah pake kolam renangnya! heuheu.. amin🙂.

      oke sip2. nuhun ya sharingnya ukh.
      siap2 lahiran nih. semoga lancar yaa…

  6. purnaning says:

    dwiii aq ga tau nih mau kasih tips apa.. tapi ada ketang ikutan parenting di salman aja siapa tau bisa nanya ke dokternya pas materi kesehatan/ prenatal :p (promosi!) hehe.. hayu jadi ke kuningan teh?

    • dpujia says:

      aaryyw.. hehe mau dong. boleh ga ya. ntar aku tanya dulu deh boleh ikutan atau ga.

      kuningan? kita lupakan aja lah.. -_-

  7. purnaning says:

    tetap semangat dwii🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: