duidays

ke kuningan

on 28 April 2010

akhirnya pekan lalu selama 2 hari saya ke kuningan, tepatnya ke Balai Taman Nasional Gunung Ciremai. bersama Arry sahabat saya yang baik hati dan ‘wanita Jawa asli’ saya mulai mengumpulkan data tesis. belum ke gunung atau ke masyarakatnya. masih data sekunder yang saya kumpulkan. jadi banyaknya di kantor balai.

dimulai dari terminal cicaheum menggunakan bus damri AC pukul 8 pagi dengan ongkos 35rb per orang lumayan lebih murah daripada menggunakan travel. rada-rada ragu sebetulnya, karena saat ini saya sudah berbadan dua. masih 2 bulan. katanya trimester awal itu masa yang cukup rentan karena katanya si embrio sedang dalam proses penempelan, sebaiknya dihindari goncangan2 yang cukup keras. akhirnya setelah konsultasi ke sana kemari dan melibatkan berbagai pihak yang kompeten di bidangnya (dokter dan bidan) juga sampai kakak kelas dan tentu saja keluarga dan suami, bismillah saya berangkatt!!

untunglah saya memiliki teman perjalanan yang sangat menyenangkan. arry begitu sabar ketika di perjalanan saya mulai mual2. ah ternyata sulit ditahan juga. perbekalan makanan mulai disusutkan sedikit demi sedikit. lumayan mengalihkan mual di perut. setelah melewati perjalanan selama 5 jam, alhamdulillah kami selamat tiba di tempat tanpa mabuk darat. perjalanan yang saaangat berat, berbelok-belok dan terkadang ada lubang-lubang sehingga jadi kagijlek2. duh duh, anakku sing sabar ya. kuat insyaAllah.

tiba di balai.. huaah lelah sekali. istirahat sebentar di kursi tamu setelah bertemu dengan bu Nisa -yang sering saya panggil dengan nisa saja, soalnya dulunya angkatan 2004 di ipb-. sholat, makan, akhirnya berburu literatur di perpustakaan yang mungil. ternyata banyak hal baru yang saya dapatkan mengenai perkembangan Gunung Ciremai dan pengelolaannya, yang tidak saya peroleh di internet.

begitulah hari pertama saya habiskan dengan mencatat berbagai literatur. tidak jauh beda dengan hari kedua. sengaja saya belum jadi pergi ke masyarakat. kondisi fisik saya tidak memungkinkan. bersyukur saya dapat penginapan gratis. numpang di kosan nisa =).

begitulah kira-kira perjalanan yang ketiga kalinya saya ke Kuningan. yang pertama adalah ketika survey awal bersama suami. bisa dikatakan honeymoon juga sih. soalnya menginap di hotel ayong daerah linggarjati dan survey nya sedikit, lebih tepat dikatakan dengan jalan-jalan. menyenangkan pokoknya. apalagi masih pengantin baru. hehe. berapa minggu setelah nikah gitu, di bulan Desember 2009.

yang kedua bersama ibu. ke BTNGC juga seperti perjalanan yang ketiga kemarin. waktu itu saya menyerahkan surat izin untuk melakukan penelitian di ciremai dan mendapatkan kontak untuk dihubungi lagi nantinya.

setelah terpaut waktu yang cukup lama, yang dulu bilangnya mau bulan januari melakukan penelitian, akhirnya baru bisa berangkat lagi pekan kemarin. dan tampaknya saya akan menunda lagi keberangkatan selanjutnya. saya mau menunggu sampai trimester pertama beres baru kemudian berangkat lagi. sekitar 1 bulan lagi kali ya. saya tetap harus menggunakan perhitungan yang sehat untuk keselamatan kandungan saya. apalagi ketika pulang dari kuningan kemarin, di perjalanan akhirnya saya tak kuat untuk menahan isi dalam perut. walhasil muntah di kelokan-kelokan sumedang sebelum cadas pangeran. dan untunglah lagi-lagi ada arry. duh semoga Allah mengaruniakan jodoh yang shalih buat temanku ini. amin.

cukup berat sebetulnya mau menyelesaikan tesis ini. inginnya segera udahan saja, terus nyusul suami ke gorontalo. meuni asa bareurat. tapi ah apa yang sudah saya mulai harus saya tuntaskan. insyaAllah sebentar lagi kok. just enjoy it!!

5 responses to “ke kuningan

1. euis asriani says:

subhanallah, ruar biasa, semangat ya bu duw, biar dedek janin terlatih sejak dini, hehe. jangan menyerah, pasti bisa..bu duw kan akhwat super,hehe..

btw, sepakat, semoga arryw segera mendapat pangeran dari surga..aamiin..

• dpujia says:

aamiin bu eu insyaAllah, sambil tertatih2 kuberupaya menuntaskannya =). mohon doanya slalu ya bu.

aamiin, semoga arryw segera mendapat yg terbaik dari Allah. eh bentar, pangeran dari surga bu eu? bisa ya turun ke bumi? *lugu*

2. anitafrahmat says:

berkunjung Wi..
    wah, semangat y Wi!
    perjuangan menyelesaikan thesis memang macam2 ujiannya..
    ayo, kamu pasti bisa! (sambil menyemangati diri sndiri)

• dpujia says:

enit enit.. ih naha ya komen enit masuk ke spam. ih aneh… *hm.. sudahlah =D
      iya enit.. huaaa…. hehe. aamiin. insyaAllah diikhtiarkan dgn optimal insyaAllah.