duidays

dunia Islam

on 28 April 2010

sedang mendengarkan nasyid-nasyid Snada zaman dulu yang masih acapella. lagu-lagunya seputar kisah tragedi Bosnia. hm.. jadi teringat masa-masa SMP dan SMA. dulu saya mendengar lagu-lagu tersebut dari kaset temannya kakak, belum zaman mp3 dulu mah. sebetulnya waktu itu saya juga belum terlalu mengerti dengan kondisi dunia Islam, seperti perang etnis  Bosnia Herzegovina dan Serbia. yang saya ingat dari kisah-kisah yang saya baca dari epik di majalah Annida (apa kabar sekarang ya majalah Annida, dah lama ga baca) muslim Bosnia banyak dibantai oleh kaum Serbia. sangat mengerikan membacanya belum lagi latar yang dideskripsikannya menambah kuat bayangan tentang kondisi-kondisi saudara muslim di sana.

sekarang bagaimana ya perkembangannya saudara-saudaraku di sana? bagaimana pula kabar saudaraku di Palestina? negeri yang tak sampai saat ini masih diselimuti awan mendung. bagaimana pula Irak? Afghanistan?

sedih rasanya. dengan berbagai kemudahan yang saya dapatkan di negeri ini, saya seringkali lupa dengan penderitaan saudara-saudaraku di sana. saya bebas menghirup udara kebebasan, pergi kemanapun tanpa takut intaian bom yang bisa sewaktu-waktu turun dari langit, tanpa was-was dengan suara bedil yang berdesing-desing. saya mendapatkan semua kenyamanan hidup di sini.

sedangkan mereka? yaAllah, mereka adalah saudara-saudara saya. tidaklah sempurna iman seseorang jika ia belum mencintai saudaranya. lalu apa itu cinta? apa makna dan realisasi cinta terhadap saudaranya?

ya Allah, dengan segala keterbatasan dalam diri ini, izinkan hamba mencintai mereka dengan sedikit harta dan doa yang dipanjatkan. jadikan setiap perjuangan mereka sebagai penambah kemuliaan hidup mereka. jadikan kami sebagai umat yang bersatu dalam bertauhid padaMu. hancurkan musuh-musuh Islam ya ALlah.. hancurkan mereka sehancur-hancurnya. jangan biarkan mereka menodai tempat-tempat suci-Mu, jangan biarkan jiwa-jiwa saudaraku terdzalimi oleh tangan-tangan kotor mereka. Engkau jua sebaik-baik penolong.

aamiin.

teriring salam untuk saudara-saudaraku seiman dimanapun berada.


Leave a Reply

