duidays

jangan marah

on 23 March 2010

tadi malam aku kesal dan marah pada adikku. entah mengapa syetan begitu mudah menggoda dan membuatku mengeluarkan kata-kata yang keras. astaghfirullah. sedih dan menyesal setelahnya. padahal kata baginda rasul: laa taghdhob, jangan marah, ketika ada seorang sahabat yang meminta nasihat padanya. sampai berulang kali Rasulullah mengingatkan.

kaidah dakwah juga menyebutkan hendaklah kita bersikap lemah lembut. kalaulah kita bersikap kasar dan keras, niscaya mereka akan menjauhimu. dan tugas kita hanya menyampaikan. tak usahlah risau ketika orang lain tak jua mau berubah setelah kita ingatkan. hanya Allah yang kuasa membolak-balikkan hati manusia.

marah hanya akan menebarkan permusuhan dan kebencian. dan syetan melonjak tertawa kegirangan melihat anak manusia saling membenci.

ah astaghfirullah. ya Allah ampuni aku.

adikku, aku sayang padamu. mungkin caraku yang salah dalam mengungkapkannya. maafkan bwi. hanya pada Allah swt kutitipkan dirimu. semoga engkau senantiasa berada dalam bimbingan dan lindunganNya. dan semoga kita semua selamat hingga yaumil akhir. amin.

“wahai orang-orang yang beriman! peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS At-Tahrim:6)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: