duidays

Waluh Day

on 8 January 2010

Gara-gara suamiku beli 4 kg waluh kemarin -yang dibelinya sendiri di pasar patrol- hari ini aku masak dengan menu utama waluh. 4 kg! Ia begitu bersemangat dengan waluh. Jadinya aku masak yang bisa aja deh, tumis waluh jagung, dan perkedel waluh jagung juga *perkedel keasinan*. Sore nanti masak tumis waluh lagi dan rebus waluh. Hoho… waluh.. waluh. Karena Sabtu pagi sudah balik lagi ke Bandung *dari kemarin sore aku ke Indramayu*, jadi aku ga beli bahan makanan yang macem2 untuk dimasak. Bumbu-bumbu juga aku bawa dari Bandung, khawatir susah nyari warung di sini. Eh, ternyata barusan jalan-jalan sekitar rumah, dekat juga kok warung yang menjual sayuran.

Labu Siam -wikipedia-

Waluh adalah nama lain dari labu siam. Biasanya orang sunda yang menggunakan istilah ini, selain dari nama lejet. Istilah yang lebih kerennya adalah Sechium edule. Suamiku menyukai sayuran waluh ini. Direbus pun jadi. Bersyukur punya suami yang ga neko-neko dalam urusan makan. Apalagi dengan status masih long distance marriage gini. Kalo senengnya makan yang enak-enak kan bisa menderita, ga ada yang masakin *emang aku bisa masak yang enak? :p*. Padahal ia orang Padang dan suka masakan padang yang bumbunya super duper berasa itu. Tapi katanya sih sejak jadi mahasiswa, ia senangnya rebus waluh dan telur. Katanya ada sensasi tertentu makan waluh yang seger campur sedikit rasa manis itu *halah*. Bagus deh punya suami yang sederhana, makin sayang jadinya hehe.

Oya. Karena padang tea, sambel musti ada dalam setiap kali makan. Mau sambel cabe, sambel kecap, sambel apalagi ya. Untungnya lumayan bisa bikin sambel. Cabe, cengek, tomat, dipotong kasar trus digoreng, campur garem, diulek, jadi deh. Tapi meski suamiku ini sederhana, aku tetap harus bisa berkreasi membuat makanan dan masakan. Masa iya waluh terus tiap hari. Heuheu. Dia mungkin ga bosen, lha aku? Hehe.


Leave a Reply

