duidays

jelang uts

on 4 October 2009

Study - Books and GlassesPekan ketiga Oktober ini, siswa akan menghadapi ujian tengah semester. Hfff.. ga kerasa ya, dan duh masya Allah, beberapa bahan belum tersampaikan. Ada hari yang saya tidak masuk karena sakit, di awal-awal sempat bentrok dengan jadwal kuliah dan terpotong libur. Meski telah memberi tugas, pemahaman siswa bisa dipastikan masih sangat kurang. Beda sama mahasiswa yang bisa mengeksplor pemahaman sendiri secara aktif dan mandiri, siswa SMP masih sangat memerlukan bimbingan guru.

Kalau dulu saya sebagai siswa atau mahasiswa jelang uts panik atau deg-degannya karena belum mengerti materi sepenuhnya atau bahan yang harus dihafal cukup banyak dan merasa belum siap, maka sekarang saya bisa merasakan bahwa pendidik juga sama-sama panik. Panik karena ada bahan yang belum tersampaikan (mudah-mudahan bisa tersampaikan dengan baik pekan besok), siswa yang belum paham, tidak mengerjakan tugas dengan baik (hihi karma)  dan juga belum bikin kisi-kisi soal!

Sekarang ini nih, saya lagi buat kisi-kisi soal, yang harus dikumpulkan besok (!) ke panitia. Awalnya saya mengira jadi guru itu mudah. Ternyata… subhanallah. Angkat topi dah untuk guru-guru yang telah mendidik saya semenjak TK sampe perguruan tinggi. Benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa. Harus all out. Mendidik sepenuh hati dan sepenuh cinta, bukan sekedar transfer materi. Jadi inget Bu Muslimah di Laskar Pelangi. Untung aja sempat nonton filmnya, karna ditayangin di SCTV itu juga :p. So inspiring.

Di awal November juga akan ada supervisi Kepala sekolah. Harus memembuat rincian minggu efektif, program semester, program tahunan, KKM, selain RPP dan silabus yang sudah ada.  Sekolah memang sedang melakukan peningkatan akreditasi. Hal-hal yang kurang atau belum memenuhi standar kompetensi musti dibenahi. Ah, entahlah, saya belum terlalu mengerti.

Hayu atuh der ah kita bikin kisi-kisi soal dan soal. Sudah cukup pemasanannya. Jangan curhat wae. Toh ga kan ada yang bantuin hehe. Ya doain ajalah semoga anak-anaknya saroleh dan bisa menjawab soal dengan baik.

Yihii.. so little time so much to do!!

Bismillahirrohmanirrohim. Ya Allah mudahkan..


6 responses to “jelang uts

  1. paibiopai says:

    wuaaahh,, jadi guru dimana teeh??
    subhanallah,,
    (^c^)b like this !!

  2. dpujia says:

    di SMP IT Baitul Anshor pai,, deket rumah. asik pai ngajar itu.. berasa ngasuh ^^

  3. paibiopai says:

    huaaaa,, keren2 teh
    pengen benernya ngajar2 gituan, nambah pengalaman n sekalian sosial, tapi belum ada kesempatan (ato belum nyari kesempatan yaa?) hheu

  4. dpujia says:

    sok atuh pai. kayaknya pai cocok deh. kalo anak2nya suntuk kan bisa dihibur dengan nyanyian pai d’kahfi😀

  5. paibiopai says:

    hiyaaa, bener teh ngilangin ngantuk, pada kabur semua soalnaa,, hheu, takut gempa terjadi lagi akibat nyanyian saia

    • dpujia says:

      jelas aja pada ngabur pai. lha wong lagune ‘kupinang engkau dengan alqur’an’. favorit song of d’kahfi kan.. huehehe :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: