duidays

Sibuk Sekali

on 7 May 2009

Hff,,, hari-hari sibuk.

Alhamdulillah diberi kesibukan oleh Allah swt. Betapa banyak orang yang memiliki waktu luang dan ternyata tenggelam karena keluangannya itu. Sibuk berarti memiliki banyak peluang untuk pahala, jika semua kesibukannya adalah kebaikan dan diniatkan untuk ibadah. Sibuk juga berarti pengabdian, jika kesibukannya membawa manfaat bagi dirinya sendiri, masa depan, keluarga atau bahkan lingkungan sekitar. Dan sibuk adalah bentuk kesyukuran atas nikmat waktu dan kesempatan yang telah Allah swt berikan untuk membuat dan memberi nilai tambah dari setiap detik waktunya.

Namun sibuk bisa juga membuat sutressss… dan inilah yang sedang menghinggapiku saat ini..hehe. Ga stress2 amat sih. Hanya merasa begitu penat pikiran, menumpuk semua beban menjadi satu dalam kepala. Ya seperti sekarang ini. Pusing mencari literatur tesis dan membacanya satu demi satu dengan mencoba memahaminya sedikit demi sedikit, walhasil blogging dulu deh. Kalau bahasa indonesia sih oke. Lha ini banyak bahan yang berboso londho. Hehe.. entah mengapa saya kurang bersahabat dengan bahasa inggris ini. Parah yah,, padahal literatur banyaknya kan berbahasa inggris.

Mengapa dengan sibuk bisa menjadi stress? Menurut pengalaman, rasa stress muncul karena beberapa faktor. Yang pertama adalah karena tidak menikmati pekerjaan yang sedang dilakukannya. Ia menganggap pekerjaannya itu sebagai beban sehingga tak ada senyuman apalagi senandung yang muncul dari bibirnya. Alisnya mengkerut dan tampak mega mendung ada di wajahnya. Hmm.. untuk saat ini saya sih tidak masuk ke dalam faktor ini. Saya sangat-sangat enjoy dengan bidang yang sedang dijalani. Very interisting and exciting, love my class, love myfriends and also my lecturer.

Nah, sepertinya faktor yang satu lagi ini nih yang sedang terjadi pada diri saya. Sibuk bisa membuat stress karena memikirkan sibuk itu sendiri. Aneh ya. Ketika begitu banyak pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan, lebih banyak waktu untuk memikirkannya dibandingkan untuk menyelesaikannya satu demi satu. Yang ini dulu atau ini ya. Lalu pada saat mengerjakan satu tugas, kebayang tugas yang lain, padahal masing-masing sudah memiliki deadline tersendiri. Haha… menderita amat. Tampak sepele, namun pada saat menjalankannya bukanlah hal yang mudah bagi seorang melankolis.

Banyak cara yang ditawarkan untuk mensiasati rasa stress karena sibuk. Dari semua saran itu kemudian akan bermuara pada manajemen waktu dan pikiran. Classic and simple things but many people can’t finish their work better caused that  (look! my english very bad, right? :p) . Cara sederhana yang bisa saya lakukan adalah menuliskan semua kesibukan atau tugas yang musti dikerjakan, lalu melakukan langkah-langkah kecil untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut satu demi satu dan menyimpannya pada daftar waktu. Mudah sekali bukan? Yang sulit dan sedang saya latih saat ini adalah manajemen pikiran dan fokus. Berupaya untuk menyederhanakan setiap masalah. Meletakkannya dengan baik pada tempatnya. Dan membukanya kembali pada saat waktu yang tepat. Berusaha untuk tidak begitu kreatif membuat rajutan benang-benang kusut dalam kepala.

Oya mau tahu apa kesibukan saya saat ini?

1. Proposal tesis: mencari ide, masalah, metode dan merumuskannya dalam sebentuk proposal. Proposal itu dapat terjadi melalui serangkaian perjalanan rumusan ide yang tidak terjadi dalam sekejap waktu dengan sim salabim. Musti banyak baca literatur, konsultasi, ikut kerjaan skripsi anak S1 (secara waktu S1 bukan orang lapangan, banyaknya nge-lab)

2. Tugas  Teknik Produksi Akuakultur. Tugas satu angkatan untuk desain dan merancang alat untuk budidaya.

3.  Studi Kasus Biomanajemen: Presentasi dan makalah. Tugas kelompok, namun bagian saya senin besok untuk menuntaskannya.

4. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup: tugas valuasi suatu wilayah bareng sama teman, belum ditentukan tempatnya dan kunjungan kelas ke Tangkuban Parahu untuk berlatih membuat valuasi, sekitar pekan depan.

5. Tugas Manajemen Korporasi. Tugas setiap pekan dan pekan ini adalah pekan terakhir, dikumpul setiap ahad jam 3 sore melalui web.

Eh,, eh,, dikit geuningan yah hehe. Tapi lumayan menguras energi dan pikiran -terutama yang tesis- karena kesemuanya musti diselesaikan bulan ini.

So girl, don’t think it.. just do it!!

Bismillah… dan tidaklah Allah swt membebani seseorang di luar kesanggupannya.


One response to “Sibuk Sekali

  1. Asep says:

    Benar, tidaklah alloh membebani seseorang diluar kesanggupannya.
    jaga kesehatan bu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: