duidays

Matikan Lampu Ketika Tidur

on 2 May 2009

Pada saat tidur, ada baiknya kita untuk mematikan lampu. Selain menghemat energi, tidur dalam keadaan gelap akan membantu tubuh kita untuk memproduksi hormon melatonin. Hormon ini mengatur irama harian yaitu pola terjaga dan tidur, fungsi imunitas serta pencegahan kanker. Hormon ini hanya diproduksi pada keadaaan gelap dan terhenti ketika ada cahaya (lampu). Kekurangan hormon melatonin bisa mengakibatkan terkena resiko sulit tidur, badan lesu dan malas, depresi, penyakit dan melemahkan sistem lain dalam tubuh.

Hal ini bisa kita kaitkan dengan meningkatknya peluang untuk menderita kanker ketika seseorang banyak begadang pada malam hari, terutama pada rentang pukul 11 hingga 3 malam. Karena pada waktu ini, tubuh aktif memproduksi melatonin sebagai hormon pencegah kanker. Beberapa studi menunjukkan kekurangan tidur bisa menyebabkan perubahan aktivitas sel imun dalam tubuh. Bahkan ada sebuah studi dengan perlakuan menggunakan tikus menyatakan bahwa ukuran tumor mencapai puncak lebih cepat pada tikus yang kurang tidur. Barangkali teman-teman di lab Fisiologi atau Struktur Perkembangan Hewan lebih memahami tentang hal ini.

Inilah hikmah dengan adanya penciptaan malam dan siang. Malam adalah waktu untuk istirahat dan siang waktu untuk bekerja keras. Istirahat di sini diartikan dalam konteks luas, mencakup fisik dan ruhani. Ada sebuah kalimat bijak yang mengatakan, “Menjadi rahib di malam hari dan menjadi singa di siang hari.” Malam adalah saatnya menundukkan diri. Ketika kekuatan fisik di siang hari dengan berbagai aktivitas kita menyatakan kegagahan seorang manusia, maka malam saatnya merefleksi diri bahwa dibalik kekuatan seorang manusia, tetap bukan ia pemilik dan penguasa tubuh tersebut. Ada saatnya untuk beristirahat fisik dengan tidur, dan beristirahat ruhani dengan bangun di sepertiga malam terakhir.

Maka, ketika waktu tidur menjelang, matikan lampu kita. Biarkan berkas sinar alami rembulan saja yang menemani mimpi indah kita. Jangan lupa berdoa, memohon kepada Allah agar dibangunkan di sepertiga malam terakhir… dan… selamat beristirahat… Zzzz


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: