duidays

Makan sama Wungkul

on 14 April 2009

jam setengah 10 malam.

“tante mau mamam”

“he,, adzkya mau mamam? laper? bentar ya” udah mau tidur kok malah makan. tadi disuapin sama umminya ga mau. masuk kamar dulu mau minum propolis.

balik ke dapur.

“tante mau mamaam” adzkya dengan nada manjanya.

“wi, itu adzkya mau makan” kata kakak, ummi adzkya.

“iya iya..” sambil bawa piring dan mengambil nasi di ricecooker.

“kia mau mamam sama apa? sama ikan ya?”

“ga mau. mau sama wungkul aja”

“ha? makan sama wungkul? apaan sih.. ”

“mau sama wungkul….!”

garuk-garuk… oalah…

“sama nasi aja??”

“iya……” mata bulatnya mengerjap-ngerjap.

maksudnya nasi wungkul itu adalah nasi saja ga pake apa-apa lagi (“wungkul” atau “hungkul” dalam bahasa sunda artinya “saja”).

ada-ada saja😀.

mungkin karena sering mendengar dari mbah putrinya. kalo sedang susah disuapin makan nasi ditambah dengan lauk pauk yang lain, mbahnya suka bilang “iya ini nasi wungkul”. dari kecil adzkya memang agak susah kalo makannya dicampur dengan sayur atau lauk pauk lain. sukanya dipisah. kalo sayur ya sayur saja. kalo nasi ya nasi saja. sekarang-sekarang sih agak mendingan. jadinya pas kemarin adzkya bilang “pengen makan sama wungkul” kok ya gimanaa gitu..

barangkali juga dikiranya wungkul itu nama jenis nasi, seperti nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning. tapi kalo kita menyebut nama nasi uduk, pake kata depan nasi juga kan ga cuma uduk aja. hehe… dasar anak kecil yang cerdas. setiap apapun yang dilontarkan orang dewasa mudah diserap dan tanpa malu-malu diucapkan kembali meski mungkin tidak mengerti dengan kata-kata yang baru didapatnya itu. maka kita musti hati-hati dalam mengeluarkan setiap patah kata. telinga anak kecil itu sangat sensitif. otaknya dengan cepat menyerap hal-hal baru yang ada di sekitarnya seperti spons. luar biasa.

“aduh sakiit…hiks.. hiks.. sakit” kata adzkya sambil memegang bibir dan pipi.

“kenapa?”

“kena pintu tadi…..”

“oh.. ya udah pelan-pelan. nih…”

“udah ah…”

“lho,,, baru satu suap. ni tante bikin kayak kelereng, tuh bagus ya… ni aaa…”

“hik.. ga mau..”

“tadi katanya mau makan…”

“udah aja… ”

oalah……… sing sabar cah ayu ^^


One response to “Makan sama Wungkul

  1. Deri says:

    wahahahahaha…..
    anak yang aneh,,,
    kalo gak aneh berarti bukan anak2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: