duidays

Ramadhan Tahun Ini

on 19 September 2008

Kuberharapkan ramadhan kali ini penuh makna

agar dapat kulalui dengan sempurna….

begitu banyak agenda yang diadakan pada Ramadhan tahun ini. tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya sebenarnya. di salman ataupun di kampus. atau mungkin di tempat-tempat lain. namun entahlah, aku tidak begitu merasakan kekhusyuan ramadhan ini. kegiatan-kegiatan yang diadakan belum membuatku merasakan arti yang lebih mendalam dari Ramadhan itu sendiri. malah rasa-rasanya aku ingin pergi ke suatu tempat di mana tak ada seorang pun yang aku kenal di sana. aku ingin pergi ke suatu desa, aku ingin benar2 menyendiri, duduk merenung, mendialogkan semuanya pada Allah. hanya antara aku dan Allah. aku ingin membenahi hubunganku dengan Allah.

ya, aku ingin pergi sebentar saja. melupakan sejenak tugas2 kuliah dan kesibukan yang lain. aku juga sedang tak ingin mendengar kabar2 saudaraku yang terdzolimi, yang belum terpenuhi hak2nya akibat bencana Lapindo. aku tak ingin menyaksikan 21 wanita Pasuruan mati terinjak2 saat antri zakat, amarah para pemuda-mahasiswa di makassar sana yang sedang tawuran. tak ingin televisi menyiarkan para pejabat yang tertangkap basah KPK menerima suap dan korupsi. aku  tak mau melihat para pemuda mati sia2 karena kenikmatan semu vodka. aku tidak ingin menyaksikan terpuruknya umat ini, negeri ini, sementara tak ada hal nyata yang bisa dilakukan. aku tak ingin mulianya Ramadhan ini dikotori oleh umatnya sendiri! astaghfirullah.

berulang kali ramadhan datang menyapa. berulangkali kita diperdengarkan kembali khutbah Rasulullah saat menyambut Ramadhan. namun, begini lagi dan begini lagi. kita sudah terlalu hafal dengan kemuliaan bulan ramadhan. kita sangat ingat dengan slogan ‘ramadhan tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya’. namun, tak jua kaki ini tertarik oleh magnetnya pintu surga yang dibuka seluas-luasnya di bulan ini. masih sangat lemah diri ini menolak segala godaan dunia. gemerlapnya dunia, mengaburkan bayang-bayang indah surga.

paruh terakhir ramadhan akan segera kita masuki. entah, apakah akan sampai usia kita hingga bertemunya malam penuh kemuliaan 1000 bulan. semoga masih ada waktu bagi kita membenahi apa yang bisa dibenahi. tak ada waktu untuk menunda. semuanya harus dikejar. perbarui kembali hubungan dengan Allah. perkuat dan perbanyak doa untuk keselamatan kita dan umat. semoga Allah Mengampuni segala dosa kita dan memuliakan kehidupan kita di dunia dan akhirat. semoga Allah mengangkat derajat kita, menjadi umat yang bertaqwa di negeri yang diberkahiNya. amiin.


3 responses to “Ramadhan Tahun Ini

  1. Maximillian says:

    Assalamualaikum WR WB, izin nge-link ya ? Boleh kah ? Terima kasih

  2. dpujia says:

    wa’alaikumussalam wr wb. mangga2,,

  3. rifqie says:

    iya teh..
    aku juga.. T.T

    “malah rasa-rasanya aku ingin pergi ke suatu tempat di mana tak ada seorang pun yang aku kenal di sana. aku ingin pergi ke suatu desa, aku ingin benar2 menyendiri, duduk merenung, mendialogkan semuanya pada Allah. hanya antara aku dan Allah. aku ingin membenahi hubunganku dengan Allah”

Leave a Reply

