duidays

Mengapa Belajar Bahasa Arab?

on 16 June 2008

” o, dwi sekarang di imarat? mau ke mesir ya?”

yang ditanya senyam-senyum…

banyak yang bertanya2 pada saat saya mengambil kuliah bahasa arab di al-imarat semester ini. barangkali karena latar belakang s1 saya di biologi, maka agak mengherankan sebagian orang pada saat mengambil kuliah bahasa arab.

cukup panjang latar belakang saya untuk kuliah di al-imarat ini. nantilah, saya ceritakan di lain waktu. saat ini saya mau menyampaikan nasihat dari ustadzah Tuti pada saat muhadhoroh hari kamis lalu. muhadhoroh ini diadakan setiap hari kamis siang, yang dihadiri oleh mahasiswi seluruh mustawa. ustadzah yang mengisi berbeda2 tiap pekannya. kamis kemarin tema muhadhorohnya adalah mengenai urgensi bahasa ‘arab. karena penyampaiannya dalam bahasa arab, saya tidak bisa mencerna semua nasihatnya. banyak kosakata baru. maklum, masih mustawa tamhidi (tahap persiapan) ;p.

di awal, ustadzah menyampaikan ayat-ayat al-qur’an yang berbicara mengenai bahasa arab.

” Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Qur’an berbahasa Arab, agar kamu mengerti” (QS YUsuf:2)

“Dan demikianlah Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab…” (QS Ar-Ra’d:37)

“Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Qur’an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menjelaskannya berulang-ulang di dalamnya sebagian dari ancaman, agar mereka bertakw, atau agar (Al-Qur’an) itu memberi pengajaran bagi mereka.” (QS Taha: 113)

“(Yaitu) Al-Qur’an dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa.” (QS Az-Zumar: 28 )

“Kitab yang ayat-ayatnya dijelaskan, bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui.” (QS Fussilat: 3)

“Kami menjadikan Al-Qur’an dalam bahasa Arab agar kamu mengerti.” (QS Az-Zukhruf: 3)

“Dan sebelum (Al-Qur’an) itu telah ada Kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat. Dan (Al-Qur’an) ini adalah KItab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Ahqaf:12)

selanjutnya ustadzah menyampaikan uraiannya. dalam bahasa arab tentunya. dan saya hanya bisa mengernyitkan dahi, berpikir keras untuk memahami maksudnya. sambil sesekali menyenggol ke teman sebelah “madza? (apa? -maksudnya: artinya apa)🙂.

hmm… subhanallah. meski tidak bisa menangkap semuanya, saya mendapatkan semangat baru untuk belajar bahasa arab. karena pada saat al-qur’an menyampaikan sesuatu hal, apalagi berulang-ulang, maka itu suatu isyarat bahwa ada sesuatu yang istimewa di balik itu.

apa saja keistimewaannya? mengapa Hasan Al-Banna mewasiatkan pada kita untuk bisa bahasa arab?

kita lanjutkan nanti ya. insyaAllah.

*bersiap imtihan akhir (UAS) di bulan Juli


2 responses to “Mengapa Belajar Bahasa Arab?

  1. gantina says:

    jadi keingat surat taha ayat dua puluh, teh

  2. dpujia says:

    mm, maksudnya surat thoha surat ke dua puluh, ayat 1-2 bukan gan? ayat yang menjadi titik tolak perubahan Umar bin Khattab. “Taha, Kami tidak menurunkan Al-Qur’an ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: