duidays

Episode Baru (lagi): Biak

Seperti yang pernah saya sampaikan, hidup di Papua tidak semenyeramkan yang dibayangkan. Di sini hidup normal-normal saja kok. Banyak pendatang yang juga hidup di bumi Cendrawasih ini. Entah ditugaskan dari pekerjaannya seperti tentara, polisi, PNS atau BUMN seperti suami saya. Ataupun ikut program transmigrasi dari pemerintah.

Biak sendiri -kata orang-orang sini- daerah yang paling aman untuk ditinggali dibandingkan dengan daerah lain di Papua. Barangkali karena di sini markas angkatan bersenjatanya lengkap,ada TNI AL,AD,dan AU,juga kepolisian. Selain itu wilayahnya keciil dibatasi dengan laut. Jadi sulit sekali untuk kabur kalau misalnya ingin berbuat kekacauan, entah perang suku atau konflik yang ditimbulkan oleh gerakan separatis. Beda dengan Kab.Jayawijaya. Daerahnya dikelilingi pegunungan. Kalau berbuat kacau tinggal kabur ke pedalaman. Susah dicari deh hehe. Dan memang kenyataannya ketika kami tinggal di Wamena,berapa kali kami mengalami kejadian kerusuhan. Tidak terlalu besar, tapi tetap saja membuat kami cukup was-was.

Sudah mau 1 tahun kami tinggal di Biak ini. Wew ga kerasa yah. Kesan pertama: panasss! Mirip2 dengan Gorontalo. Juga banyak nyamuk. Tipikal daerah pantai ya panas dan nyamuk. Meski demikian, cuaca di Biak ini seringkali tidak menentu. Bisa saja dari pagi langit terlihat cerah,namun siang hari tiba2 hujan turun dengan derasnya. Nyamuknya ini yang harus diwaspadai, karena malaria masih endemik di daerah pantai di Papua. Tetangga depan dan samping kiri kanan saya sudah pada kena malaria. Dan sepertinya sudah menjadi SOP di sini, kalau sakit panas maka yang diperiksa pertama kali adalah cek darah. Apakah positif malaria atau tidak.

Seperti beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengeluhkan rasa sakit di perut bagian kanan yang menjalar ke paha. Sempat demam juga. Saya curiga kalau sakit usus buntu, karena pernah pas dipijit sama tukang pijit trus ditekan bagian situ sakit, kata tukang pijitnya sakit usus buntu. Jadi weh rada parno. Nah, pas diperiksa sama perawatnya disuruh cek darah. Eh naha asa teu nyambung, pikir saya. Saya kan sakit di bagian perut, tapi kenapa harus tes darah, kirain mau di USG mau dilihat organ dalamnya. Oh rupanya gejalanya mirip sama kalo kena malaria. Ketika antri cek darah, saya barengan sama 2 ibu-ibu penduduk lokal. Mereka tinggal cukup jauh, di daerah pantainya. Hasilnya? Jreng-jreng, 2 ibu tadi positif malaria, sedangkan saya negatif. Ya Allah… alhamdulillah saya tidak kena malaria.

Lalu anak saya yang kedua, Halim, juga sempat panas tinggi dan diare. Datang ke RS AU yang pertama kali dicek adalah darahnya. Alhamdulillah negatif dan setelah diperiksa ke dokter disuruh banyak ASI dan cairan saja dan dikasih zinc untuk pencernaannya. Lalu yang kedua kalinya, Halim panas lagii. Subhanallah bikin panik, karena ini susah makan dan minum karena ada sariawan. Sama, prosedurnya dicek dulu darahnya. Negatif. Ketika diperiksa dokter, rupanya flu singapur atau HMFD (Hand Mouth and Foot Disease). Selain sariawan di mulutnya, di kaki dan tangannya juga ada semacam bintil-bintil. Selama penjelasan dari dokter saya terbengong-bengong, ga kepikiran sama sekali kalo kena flu singapur. Rada leuleus juga sih. Tapi Alhamdulillah, sakit yang disertai rewelnya 3 hari saja. 3 hari yang luar biasa😀.

Ya begitulah sedikit cerita. Jadi bahas ke malaria yah hehe. Mudah-mudahan selama kami hidup di sini senantiasa sehat walafiat. Katanya malaria mudah menyerang kalo badan kita sedang tidak fit dan kurang tidur.

Leave a comment »

Sing Sabaarrr ya Ummi!

Rumah berantakan. Mainan berserakan. Yang bayi pengen nempel terus. Yang gede bolak-balik lompat2 di atas kasur naik turun jendela. Ummi pusiiingg.. pengen meledak! Tarik nafas sebentar…. Lalu ummi bercerita sambil menahan rasa..

“Ada seorang anak bernama sholeh. Sholeh ini anak baik. Suka bantu umminya. Suka nyapu,ngepel,beresin mainan sendiri…”

Saladin menyela “suka bantu?”

Eh ternyata saladin nyimak.

“Iya suka bantu2 umminya biar ga cape. Bantu2 kerja….”

Saladin menyela lg.. “bantu kerja?… Adin jg mau bantu2 kerja. Adin mau jd sopir…sopir truk…”

Lalu si ummi pun terdiam bingung nahan ketawa. Cerita pun tidak dilanjutkan. Yang ada pengen ketawa sambil guling2 wkwkwk. Tapi untungnya itu terjadi. Nanti ke depannya saladin malah jadi tidak pede untuk berpendapat karena ditertawakan. Ya ga?

Dan alhamdulillah kekesalan ummi sejenak mereda. Sejenak?? Iya sejenak…karena setelah itu saladin kembali membuat ulah hahaha….

*tariknafaslagi
**ummi…sabar yaa…:)

Leave a comment »

Pokoknya Mama Papa

Ummi lagi ngajarin Saladin bicara beberapa kata

U: mak | S: mak
U: mbah | S: mbah
U: duduk | S: duduk
U: minum | S: minum
U: ayah | S: yah
U: bunda | S: nda
U: ummi | S: mamaaa
eehh
U: abi | S: papaaa
hahaha

Diulang beberapa kali pake kata-kata yang lain, tetep aja ummi abi dibilangnya mama papa. Lalu gantian abi yang ngeja. Sama. Kata-kata yang lain bisa, ummi abi tetap dibilang mama papa. :p

Lain waktu ummi punya metode baru

U: u-u | S: u-u
U: mimi | S: mimi
U: uummii | S: mamaaa
U: ahahaha | S: ahahaha (ikutan ketawa -___-a)
U: a-a | S: a-a
U: bibi | S: bibi
U: aabii | S: papaaa
huahahaha *gagal maning

Eta nya ku keukeuh mama papa. Yaah itu artinya Saladin memang anak pintar. Sudah mengerti kalo ummi abi itu artinya mama papa. Hehe.

Selamat 2 tahun Saladin. Sholeh selalu yaa… Love you :*

Leave a comment »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.