duidays

bisikan setan

on 23 March 2010

” Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (QS An-Nas:1-6)

setiap dari muslim pasti sudah hafal surat An-Nas ini. bahkan mungkin menjadi surat kojo ketika shalat, disamping Al-Falaq dan Al-Ikhlas. kita sudah sangat menghafalnya, bahkan sambil melakukan aktivitas yang lain pun, dijamin lancar ngolotok membacanya.

namun sudahkan kita senantiasa mengingat2 makna yang terkandung dalam arti di setiap ayatnya? apakah kita menyadari bahwa senantiasa ada bisikan-bisikan setan yang mengiringi setiap desir nadi kita? setan datang dari arah depan, belakang, samping kiri kanan, atas bawah, dari setiap penjuru setan menyerang manusia. entah itu dari golongan jin ataupun manusia.

di dalam kitab fi zhilalil Qur’an Sayyid Quthb mengatakan bahwa ‘waswasah’ berarti suara yang halus, ‘khanus’ adalah bersembunyi dan kembali lagi, serta ‘khannas’ adalah mempunyai tabiat sering sembunyi dan kembali lagi. itulah sifat dari bisikan setan terhadap jiwa kita. kalau kita lengah, maka ia akan membisiki, ketika hati sedang ingat Allah, maka ia bersembunyi. begitu seterusnya.

bisikan jin tidak kita ketahui bagaimana terjadinya, namun dapat kita jumpai bekas-bekasnya dan pengaruhnya dalam realitas jiwa dan kehidupan nyata kita. sejak penciptaan manusia adam, iblis sudah melakukan permusuhan dan meyatakan peperangan dengan adam dan keturunanya.

dan ternyata Allah mengizinkan iblis untuk melakukan godaan terhadap manusia. namun demikian Allah juga telah memberikan persiapan pada manusia untuk menghadapinya yaitu iman sebagai perisai, zikir sebagai perbekalan dan isti’adzah sebagai senjata. dalam shahih Bukhari dinyatakan bahwa ” setan itu tetap berada di hati anak adam. apabila dia mengingat Allah, setan itu bersembunyi. dan apabila dia lalai, setan itu membisikinya.”

wow, ga ada kerjaan banget ya setan nungguin terus kita, nunggu kita lalai lalu kemudian datang membisiki dengan berbagai macam rayuan gombal. tapi ya justru disitulah letak kerjanya dia. menyebalkan memang. belum lagi setan itu bisa melihat kita, jadi leluasalah dia menertawakan, ngalelewe, dan lain sebagainya. dan kita ga bisa melihat dia. jadinya lawan kita ga seimbang ya? iya gitu?

ah engga juga. setan kan bukan dari golongan jin saja. golongan manusia juga ada. nah lho. mungkin kita saja yang tidak menyadari keberadaannya. mereka adalah para manusia yang senantiasa menghembuskan kejahatan seperti kawan yang jahat, provokator, penjaja syahwat, perusak generasi muda, media dan film2 yang ga penting, dll.

satu hal yang juga perlu kita catat adalah apabila Allah memberikan izin kepada iblis untuk melancarkan peperangan, maka Dia juga yang memegang ubun-ubunnya. Maksudnya, Allah tidak akan memberikan kekuasaan kepada iblis kecualiĀ  terhadap orang yang lupa kepada Rabb-nya, Malik-nya, Ilah-nya.

maka ketika kita merasakan ada bisikan-bisikan jahat ke dalam dada kita, segeralah mohon perlindungan kepada Allah. barangkali itu juga menjadi indikasi hati kita yang semakin lemah dalam mengingat Allah, sehingga setan datang dengan bisikan-bisikan murahannya.

so, mari kita lebih berwaspada! penuhi dada kita dengan cahaya qur’ani. jangan biarkan ada ruang kosong. karena ketika tidak ada cahaya, kegelapanlah yang akan hadir. dan ketika itu, hati kita tak bisa melihat setiap bisikan kejahatan yang datang menghampiri.

ya Allah, aku berlindung kepadaMu, dari godaan setan yang terkutuk

About these ads

2 responses to “bisikan setan

  1. euis asriani says:

    subhanallah, jadi lebih waspada bu duw. nuhun2..jzk..

  2. amar alKhatab says:

    Imam al-Ghazali menjelaskan tiga cara dicadangkan bagi memerangi serangan syaitan, iaitu:
    # Mempelajari taktik tipu daya syaitan atau strategi se rangannya.

    # Tidak memberi perhatian atau layanan kepada hasutan syaitan. Anggap hasutan dan seruan syaitan itu seperti salakan anjing. Anjing kian garang dan galak menyalak apabila ia diberi perhatian atau maklum balas, sebaliknya ia lebih cepat memberhentikan salakan apabila kita tidak menghiraukan nya.

    # Lidah dan hati sentiasa menyebut Allah.

    Bagi mempelajari taktik dan tipu daya syaitan, kita hen daklah memahami dan mengenal pasti perbezaan antara was-was, ilham, bisikan hati dan seruan nafsu daripada sifat semula jadi kejadian manusia.

    Was-was adalah anak panah yang dilepaskan oleh syaitan ke dalam hati manusia dan bersarang di hati. Was-was juga mampu menguasai bisikan hati nurani atau lintasan fikiran manusia.

    Bisikan hati nurani juga dapat dipengaruhi oleh ilham. Ilham adalah lintasan fikiran yang lebih khusus iaitu menyeru ke arah kebaikan, datang daripada Allah melalui malaikat, manakala was-was bisikan hati yang menyeru kepada ke jahatan, datang daripada syaitan.

    Was-was itu penuh dengan tipu daya, kadangkala menyeru manusia kepada kebaikan sebagai umpan bagi memerangkap manusia. Contohnya, syaitan mempengaruhi manusia me ngerjakan ibadat sunat dan meninggalkan ibadat wajib.

    Menurut al-Ghazali, lintasan was-was datang daripada syaitan yang menyeru manusia kepada kejahatan. Tetapi ilham turun daripada Allah atau malaikat (dengan izin Allah) yang menyeru manusia kepada kebaikan dan kebajikan.

    Bagi mempelajari taktik dan tipu daya syaitan, kita hen daklah memahami dan mengenal pasti perbezaan antara was-was, ilham, bisikan hati dan seruan nafsu daripada sifat semula jadi kejadian manusia. Dua cara bagi mengesan tipu daya laktullah;

    1- bisikan 2- gambaran/kelibat

    Jika ini berlaku, perbanyakkan bacaan ayat Al Qoran terutama sekali surah tersebut diatas. Pejamkan mata dan tawajjuh pada Allah SWT..sambil menekan kedua-dua mata dengan jari sehingga kelihatan satu gambaran sinaran. Fokus pada sinaran tersebut sambil berzikir. InshaAllah, dengan izinNYA saudara-saudariku akan melihat kehebatan Allah SWT dalam keadah perubatan ini. Yakin sepenuhnya pada Allah SWT, makhluk tiada kuasa..Yang Berkuasa hanyalah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: